Friday, September 22, 2017

Yayasan Al-Kautsar Lembang

Setelah vacum selama 1 tahun dalam kegiatan kunjungan. Pada bulan September 2017, JCK on the Move kembali, dengan melakukan kunjungan ke 3 tempat sekali gus ke daerah Bandung (2 hari).

Beberapa dari kami sudah berangkat sejak Jumat malam, sebagian Sabtu subuh & beberapa lagi siang serta malamnya; total partisipan kurang lebih 30 orang, ada sekitar 10 kendaraan.. :D

Hari kesatu, Sabtu, 16 September 2017, kunjungan pertama yaitu ke Yayasan Al-Kautsar Lembang di Jl. Mutiara Utama No. 176. Lembang Bandung 40391. Telp: 022-278.8882.

Bermula dari Bp. Benny yang melihat tayangan tentang yayasan ini di Kick Andi, beliau tergerak & memberi bantuan secara pribadi; kemudian mengajak JCK untuk mengunjungi.

Pada saat kunjungan ada terdaftar 69 anak, serta 12 pengurus.


Sekilas tentang Yayasan Al-Kautsar

Yayasan Al-Kautsar Lembang hadir ditengah-tengah gejolak ekonomi masyarakat Indonesia, khususnya warga masyarakat Lembang sedang mengalami krisis, hal ini diakibatkan dari berbagai permasalahan masyarakat yang terus berubah, dan terus berkembang, bergerak tanpa arah yang jelas dan krisis multi dimensional yang tidak kunjung  usai, entah kenapa dan kapan akan menghampiri pulau impian dan tanjung harapan. Akibat krisis multi dimensional, khususnya krisis ekonomi dan akhlak serta jatuhnya moral bangsa (dekadensi moral), disana-sini banyak anak-anak usia sekolah yang tidak dapat mengenyam pendidikan, terutama bagi mereka yang mengalami masalah sosial atau yang sering dikenal dengan penyandang masalah sosial, yang semakin hari bukannya semakin menurun, tetapi terus bertambah.

Di tengah-tengah krisis sebagaimnana dikemukakan terdahulu, maka beberapa warga masyarakat Lembang yang kebetulan tergabung dalam ormas-ormas keagamaan maupun kepemudaan, seperti Muhammadiyah, NU, PERSIS, Lembaga Masyarakat Desa, Karang Taruna dan lain-lain, sepakat untuk mendirikan sebuah Lembaga ataupun Organisasi Kemasayarakatan yang bergerak dalam berbagai bidang, khususnya bidang Sosial, Pendidikan, Kesehatan dan ekonomi, yakni Yayasan al-kautsar lembang yang disingkat dengan sebutan YAL.



600

No comments:

Post a Comment