Friday, November 8, 2013

JCK: Sayap Ibu Bintaro

Pada awal bulan November 2013 tepatnya tanggal 3 hari Minggu, JCK mengadakan kunjungan ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro di Jl. Raya Graha Bintaro No. 33 D. Pondok Kacang Barat Bintaro.

Tidak seperti yayasan Sayap Ibu Barito, yang pernah JCK kunjungi pada September 2012, yayasan Sayap Ibu Bintaro ini khusus untuk menampung anak-anak penyandang cacat yang terlantar.

Kunjungan JCK ke Yayasan Sayap Ibu Barito

Sekilas tentang Yayasan Sayap Ibu Bintaro.


Yayasan Sayap Ibu - Video News Release from CommPR@SGU on Vimeo.

Kunjungan JCK ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro

Seperti biasa kami berkumpul di rumah Mr. Benny, walo beliau sedang brada di luar negeri untuk berobat, tapi tidak merubah kebiasaan kami untuk tetap menggunakan rumahnya sebagai tempat kebrangkatan dalam melaksanakan kegiatan sosial JCK.

Dengan 27 partisipan kami brangkat menggunakan bus sekitar jam 8 pagi yang diawali dengan doa oleh Irvan. Namun perjalanan harus tertunda kurang lebih 1 jam karena bus yang kami gunakan mogok, tidak jauh dari lokasi kebrangkatan dan harus menunggu bus pengganti; tapi situasi itu tidak mengganggu sukacita kami, dan kami menikmati keadaan itu dengan berfoto-foto ria di jalan komplek perumahan.. :D


Kami tiba di yayasan sekitar jam 10 kurang yang disambut dengan hangat oleh ibu Ayu dan beberapa anak-anak yayasan beserta pengurus/perawatnya.

 

Ibu Ayu membawa kami ke kamar anak laki-laki yang terletak lantai dasar. Dengan sabar dan senyuman ibu Ayu menjelaskan kepada kami mengenai kondisi anak-anak di kamar itu. Lalu kami diajaknya menuju ke lantai atas untuk mengunjungi kamar anak perempuan, dan kembali menjelaskan kondisi anak-anak di kamar itu juga.


Pada saat kami berkunjung ada sekitar 36 anak di yayasan Sayap Ibu Bintaro, dengan usia 6 bulan s/d 20 tahun; mereka penyandang cacat: down syndrome, autis, hydrocephalus, microchepalus dan lain-lain. 

Dengan keterbatasan dan kasih kami berusaha untuk dapat berinteraksi dengan anak-anak di yayasan. 


Sebelum kunjungan selesai, kami menyempatkan diri untuk berfoto bersama-sama; dan secara simbolik Ibu Muljani, sebagai wakil dari JCK menyerahkan bantuan JCK kepada Ibu Ayu, wakil dari Yayasan Sayap Ibu Bintaro.

Tidak lupa Ibu Muljani juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kehangatan yang diberikan untuk dapat berkunjung dan berbagi kasih dengan anak-anak di yayasan; dan juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi para pengurus dan perawatnya. Tuhan memberkati.



Mengingat kisah cerita anak-anak penghuni Sayap Ibu sungguh menyayat hati. Kebanyakan dari mereka diterlantarkan karena kecacatannya. Ada yang ditinggalkan di rumah sakit, dengan dalih ingin ke kamar kecil, orang tuanya pergi dan tidak kembali. Ada yang diturunkan dari taxi, lalu taxi melaju meninggalkannya sendirian. Ada yang dibuang di got & WC umum (mungkin ini juga yang membuatnya cacat karna kekurangan oksigen / kemasukan air). Ada yang di buang di rel kereta api oleh neneknya, yang belum dilihat ibunya, hanya karna malu mempunyai cucu sumbing. :(

Tidak tau apa yang ada dipikiran mereka sehingga mereka tega melakukan semua itu, tetapi bukan hak kita untuk menghakimi, karna kita tidak tau apa yang sesungguhnya terjadi & kita tidak berada dalam posisi mereka.

Tugas kita adalah apa yang bisa kita lakukan untuk membantu anak-anak ini dan meringankan beban orang-orang yang terpanggil untuk mengurus & merawatnya.. untuk membuat mereka semua tetap dapat tersenyum :)

Untuk para partisipan & donatur yg sudah menyisihkan berkatnya & mempercayakan JCK sbagai wadah untuk menyalurkan kasihnya.. kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.. Kiranya Bapa disurga membalas smua kebaikan kalian.

No comments:

Post a Comment